Uneg-uneg

Tempat kami mencurahkan pikiran dan ide

  • Kalender

    Agustus 2008
    S S R K J S M
        Okt »
     123
    45678910
    11121314151617
    18192021222324
    25262728293031
  • Arsip

  • Saran Anda

    Kami tergelitik untuk bertanya kepada anda semua para pengunjung blog ini. Kira-kira, anda ingin kami memposting artikel tentang apa saja? Nah jika anda meminta, kami akan berusaha untuk memenuhi permintaan anda tersebut. Jika ada dari anda yang ingin meminta kami untuk memuat sebuah artikel, silahkan hubungi kami. Hormat Kami, Rizky & Satrio
  • Buku-buku bermutu

Politik Atau Perut?

Posted by Rizky pada Agustus 21, 2008

Sebentar lagi kita akan memasuki babak baru dalam politik di negeri ini, yaitu Pemilihan Umum atau yang kerennya disebut Pemilu. Ada sekitar 44 partai yang akan berpartisipasi dalam Pemilu 2009 mendatang. Banyaknya partai-partai yang ada membuat saya kagum sekaligus tercengang. Kagum karena hal itu menandakan bahwa demokratisasi di negeri ini telah berkembang pesat. Tercengang karena hal itu juga menandakan bahwa ada banyak sekali orang yang membawa kepentingan pribadi maupun golongannya dengan mengatasnamakan kepentingan rakyat.

Saya teringat dengan Pemilu yang lalu. Kemeriahan acara lima tahunan ini sungguh masih terbayang di dalam benak. Saya melihat banyak tukang ojek yang sengaja ‘memermak’ motornya agar suaranya bisa terdengar bising sehingga ia bisa ikut kampanye. Sedangkan untuk membayar angsuran pembayaran motornya saja ia sudah puasa senin-kamis. Sungguh tragis!

Bahkan saya pernah menyaksikan seorang anak sekolah tewas karena terjatuh dari sebuah truk dan terlindas mobil saat sedang kampanye. Sungguh mahal harga yang harus di bayar untuk memuluskan seorang politikus dalam memenuhi ambisinya.

Bagaimana dengan Pilkada? Tidak jauh berbeda. Kerusuhan hamper selalu terjadi di daerah yang sedang melakukan Pilkada. Massa pendukung dari calon yang kalah terlibat bentrok dengan massa pendukung dari calon pemenang Pilkada. Bahkan tidak jarang pula mereka bentrok dengan aparat keamanan.

Dalam hati saya bertanya, apa sih yang mereka dapatkan dari orang yang mereka jagokan tersebut jika ‘jagoannya’ menang? Kita harus ingat, bahwa politik itu merupakan warisan tertua yang ada di bumi ini bahkan jauh sebelum manusia itu ada. Tentunya kita juga harus berpikir, apakah anda ingin menjadi tumbal dari kebuasan politik? Ataukah anda ingin terus menjadi alas kaki bagi orang-orang gedean?

Lebih baik kita semua mengurusi diri kita sendiri. Menyedihkan banyak sekali orang yang untuk makan sekali sehari saja sudah susah tetapi membela orang yang belum tentu akan membelanya setelah ia berkuasa.

Jadi, anda akan memilih mana? Politik atau Perut? Semua terserah pada diri anda sendiri.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: