Uneg-uneg

Tempat kami mencurahkan pikiran dan ide

  • Kalender

    Agustus 2008
    S S R K J S M
        Okt »
     123
    45678910
    11121314151617
    18192021222324
    25262728293031
  • Arsip

  • Saran Anda

    Kami tergelitik untuk bertanya kepada anda semua para pengunjung blog ini. Kira-kira, anda ingin kami memposting artikel tentang apa saja? Nah jika anda meminta, kami akan berusaha untuk memenuhi permintaan anda tersebut. Jika ada dari anda yang ingin meminta kami untuk memuat sebuah artikel, silahkan hubungi kami. Hormat Kami, Rizky & Satrio
  • Buku-buku bermutu

Jadi Pintar Itu Mahal

Posted by Rizky pada Agustus 29, 2008

Pendidikan sembilan tahun yang dicanangkan oleh pemerintah sepertinya hanya berjalan ditempat, alias tidak berjalan sama sekali. Bahkan janji-janji Presiden Yudhoyono semasa kampanye tentang pendidikan gratis sepertinya hanya isapan jempol belaka.

Buktinya, banyak sekali sekolah-sekolah negeri yang meminta uang bayaran serta sumbangan  yang jumlahnya sangat tidak masuk akal. Seperti uang seragam, uang buku, bahkan sampai uang gedungpun di tarik bayarannya.

Depdiknas terkesan menutup mata terhadap kejadian-kejadian yang telah mencoreng sistem pendidikan di Indonesia. Bahkan ada indikasi yang menguatkan tentang adanya suap di dalam tubuh depdiknas. Karena para pejabat  depdiknas itu hanya melakukan inspeksi mendadak atau sidak terhadap sekolah-sekolah yang mungkin saja tidak membayar upeti kepada mereka, atau mungkin sudah membayar upeti, tetapi jumlahnya kurang dari yang diminta.

Mahalnya biaya pendidikan di Indonesia ini membuat banyak anak-anak usia sekolah yang tidak dapat melanjutkan pendidikannya atau putus sekolah. Mahalnya biaya pendidikan di negeri ini juga memicu semakin meningkatnya jumlah anak-anak jalanan, pelacur anak-anak, dan perdagangan anak-anak (human trafficking).

Bagaimana mau menjadi bangsa yang pintar, jika ingin pintar saja harus membayar mahal?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: